Sabtu, 21 November 2015

PERAN STRATEGIS SDM



PENGERTIAN MSDM
             Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

PERAN STRATEGIS MSDM
             Perubahan teknologi yang sangat cepat, memaksa organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan usahanya. Perubahan tersebut telah menggeser fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia yang selama ini hanya dianggap sebagai kegiatan administrasi, yang berkaitan dengan perekrutan pegawai staffing, coordinating yang dilakukan oleh bagian personalia saja. 
            Saat ini manajeman SDM berubah dan fungsi spesialisasi yang berdiri sendiri menjadi fungsi yang terintegrasi dengan seluruh fungsi lainnya di dalam organisasi, untuk bersama-sama mencapai sasaran yang sudah ditetapkan serta memiliki fungsi perencanaan yang sangat strategik dalam organisasi, dengan kata lain fungsi SDM lama menjadi lebih bersifat strategik.

Oleh karenanya Manajemen SDM  mempunyai kewajiban untuk : 

          Memahami perubahan yang semakin komplek yang selalu terjadi di lingkungan bisnis, 
             Harus mengantisipasi perubahan teknologi, 
             Memahami dimensi internasional yang mulai memasuki bisnis akibat informasi yang berkembang cepat. 
Tingkat integrasi antara perencanaan strategis  dengan fungsi-fungsi SDM terwujud 
dalam empat macam hubungan :

1. Hubungan Administrasi
Disini manajer puncak dan manajer fungsional yuang lainnya menganggap fungsi SDM relatif tidak penting dan memandang  manusia bukan sebagai keterbatasanmaupun aset perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis. 

2. Hubungan Satu Arah
             Terdapat hubugan skuensial antara perencanaan strategis dengan fungsi-fungsi SDM.
             Fungsi SDM merancang program dan sistem untuk mendukung tujuan strategisperusahaan. Jadi SDM bereaksdi terhadap inisiatif strategis tetapi tidak memilikipengaruh, karena meskipun sudah dianggap penting namun belum dianggap sebagai mitra bisnis yang strategis. 

FUNGSI DASAR MANAJEMEN  STRATEGI
SDM
1.            Sumber Daya Manusia faktor utama penentu daya saing (Competitive advantage) 
            Budaya belajar
2.            Perencanaan SDM terkait erat dengan perencanan strategik ataupun perencanaan bisnis 
             Posisi SDM bukan sebagai “pelayan” tetapi mitra.
3.            Pemanfaatan SDM secara efektif merupakan salah satu upaya meningkatkan daya saing perusahaan secara efektif 
4.            Perencanaan SDM yang efektif dapat mendukung efektivitas SDM saat ini dan proyeksi SDM untuk masa yang akan datang (baik secara kualitas maupun kuantitas) termasuk nilai-nilai dan norma perilaku individu menentukan budaya perusahaan.
5.            Perencanaan SDM yang efektif akan mampu memberikan kontribusi terhadap efisiensi biaya dan kegunaan produktif dari SDM.
6.            Perencanaan SDM yang efektif mampu mengatasi dinamika perubahan lingkungan yang dihadapi.


 Strategi Keputusan-keputusan tentang Persaingan 
1.            Di mana tempat untuk bersaing?               
 Di dalam pasar atau kita akan bersaing dengan pasar apa (industri, produk, dll)?
2.            Bagaimana cara bersaing?
 Pada kriteria atau karakteristik apakah yang akan membedakan kita dari pesaing?
                Biaya?   Kualitas”              Keandalan?        Proses penyampaian?
3.            Dengan apa kita akan bersaing?
 Sumber daya apakah yang akan memungkinkan kita untuk mengalahkan pesaing kita?
                Bagaimana          kita         bisa        mendapatkan, mengembangkan dan menyebarkan sumber daya agar dapat bersaing?

Berbagai Kebutuhan MSDM dalan Jenis-jenis Strategi
1.            Strategi yang Terarah
 strategi untuk mengelompokkan berbagai cara organisasiorganisasi yang berbeda-beda yang berusaha untuk bersaing di dalam suatu industri. Namun, kita juga perlu memahami ukuran peningkatan (pertumbuhan) atau penurunan (perampingan) yang memengaruhi fungsi MSDM. Contohnya, tim manajemen puncak mungkin memutuskan bahwa mereka perlu berinvestasi lebih banyak dalam bentuk pengembangan produk atau diversifikasi sebagai sarana pertumbuhan. Dengan jenisjenis strategi tersebut, fungsi MSDM akan lebih bermanfaat jika membantu mengevaluasi kelayakan dari berbagai alternatif dan mengembangkan program-program yang mendukung pilihan strategi.

2.            Strategi-strategi Konsentrasi
 Strategi-strategi konsentrasi (concentration strategy) mensyaratkan   perusahaan-perusahaan  untuk mempertahankan berbagai keterampilan pada saat ini yang dapat memberikan makna untuk menjaga keterampilanketerampilan tersebut agar tetap tajam diantara orang-orang dalam organisasi, program-program kompensasi yang berfokus untuk mempertahankan orang-orang yang memiliki berbagai keterampilan. 

3.            Strategi-strategi Pertumbuhan Internal
 Strategi-strategi pertumbuhan internal (internal growth strategy) menghadirkan permasalahan penempatan karyawan yang unik. Pertumbuhan mengharuskan suatu perusahaan untuk terus mempekerjakan, memindahkan mempromosikan para individu, dan melakukan ekspansi ke pasar-pasar yang berbeda dapat mengubah berbagai keterampilan yang diperlukan yang harus dimiliki para calon karyawan.

PELAKSANAAN STRATEGI 
Ada lima variable penting yang menetukan keberhasilan pelaksanaan strategi:   

  • Struktur organisasi
  •   Perancanagan tugas: seleksi, pelatihan, dan pengembangan orang
  • Sistem-sistem penghargaa
  • Jenis-jenis informasi dan
  • Sistem informasi

  Dalam hal MSDM memiliki tanggung jawab tiga dari lima variable pelaksanaan yaitu: tugas, orang dan system penghargaan. Disamping pula dapat mempengaruhi dua variable yang tersisa yakni: strutur dan informasi serta proses-proses keputusan. Agar tugas dapat dilaksanakan secara sukses maka harus dirancang dan dikelompokkan dalam pekerjaan dengan cara yang efisient dan efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar